Jumat, 25 Mei 2012

Sebuah Biografi Eksklusif: Steve Jobs


Jika Dia memutuskan sesuatu harus terjadi, maka dia membuatnya menjadi kenyataan

Penulis            ; Walter Isaacson
Penerbit           ; Penerbit Bentang
Tebal               ; 742 Halaman

“Siapa saja orang yang cukup gila untuk berpikir bahwa mereka bisa mengubah dunia, berati mereka adalah orang yang benar-benar mengubah dunia”- Think Different

Sebuah biografi yang menakjubkan, menceritakan perjalan seorang manusia jenius yang mencurahkan seluruh daya upayanya untuk mewujudkan impian dan hasratnya dan pertarungannya menuju pencapaian tanpa batas. Steve Jobs adalah sebuah ikon yang dengan sukses menghubungkan kreativitas dengan teknologi dan membangun sebuah perusahaan yang mengejawantahkan imajinasi-imajinasinya yang tak biasa dengan teknik hebat. Dan sebagai manusia biasa, digambarkan pula bagaimana kehidupannya, kelemahannya dan emosi-emosinya sebagai seorang pria.

Tak hanya Steve Jobs seorang, yang bagaimanapun, banyak orang hebat juga yang mendampinginya, menjadi gurunya bahkan musuhnya.  Hampir semua tokoh hebat dan perusahaan hebat dibidang teknologi dikisahkan disini. Mulai dari Bill Gates, Stephen Wozniak, Larry Elisson sampai Jony Ive sang designer legendaris. Buku ini memberi kita gambaran utuh bagaimana para tokoh dan perusahaan yang mereka pimpin dan bentuk berusaha menjadi yang terbaik dibidangnya masing-masing.

Buku ini diawali dengan kisah masa kecil Jobs yang “ditelantarkan” dan “terpilih” untuk diadopsi. Lalu dilanjutkan dengan masa-masa kuliahnya dan perjalanan spiritualnya, sampai menjadi seorang vegetarian yang “aneh” semisal hanya mau memakan apel yang dipetik perawan saat malam bulan purnama dan perjalanannya ke India. Juga digambarkan bahwa Jobs bukanlah seorang manusia atau pemimpin yang sempurna. Jika sedang bermasalah, dia bisa membuat orang disekitarnya marah dan putus asa. Sifat perfeksionisnya, membuat ia kesulitan memilih perabot untuk rumahnya di Cuppertino yang digambarkan di foto tahun 1982 Ia makan beralaskan sehelai kain dilantai rumahnya yang luas. Namun diluar pribadinya yang menjengkelkan, ia dikaruniai kepribadian dan hasrat yang kuat akan sebuah produk yang membuatnya dapat meniptakan produk yang hebat.

Perjalanan penciptaan Macintosh, iMAC, iPOD, iPHONE, iTUNES dan iPAD juga diceritakan dengan mendetail dan menakjubkan begitu juga para tokoh dibelakangnya. Tak lupa juga masa-masa suram Steve Jobs tak kala terusir dari perusahaan, lalu membentuk NEXT dan PIXAR dan membuatnya menjadi perusahaan hebat, dengan kontribusi tokoh hebat lain tentunya. Serta bagaimana ia membuat skenario untuk merebut kembali perusahaan yang sangat dicintainya, APPLE.

Diakhir, biografi ini juga dilengkapi portofolio foto pilihan dari Diana Walker mulai dari masa mudanya, saat ia membentuk perusahaan  dan keluarganya. Dan pastinya, informasi didalam buku ini lebih lengkap dari film Pirates of Silicon Valley. 


0 komentar:

Posting Komentar