Sabtu, 02 Juni 2012

Menulis....

Menulis seakan menjadi hobi baru akhir-akhir ini. Bermula dari sekedar ingin berbagi apa yang saya ketahui sampai menjadi suatu semangat baru untuk menggoreskan apa yang ada dipikiran dan perasaan. Kalau kita renungkan, pada dasarnya sebagai manusia, banyak hal yang kita pikirkan serta kita olah dalam pikiran dan perasaan kita yang nantinya menjadi sesuatu yang baru dan menjadi dasar untuk pikiran-pikiran dan perasaan baru selanjutnya. Bahannya bisa apa saja,mulai dari pengetahuan yang saya ketahui saat ini, buku-buku yang saya baca, tempat-tempat yang saya kunjungi, hingga apa yang menjadi perenungan-perenungan saya.


Nilai positif yang saya ambil dari menulis dan membaginya adalah saya jadi mempunyai semangat yang besar untuk mempelajari lebih dalam hal-hal yang saya ketahui sebelumnya, mempelajari hal- hal baru untuk bisa terus berbagi, bepergian ke tempat baru agar selalu mempunyai bahan bercerita serta membaca lebih banyak agar semakin bisa maksimal berbagi yang nantinya juga memperkaya bathin dan pikiran saya. Selain itu, menulis berarti meninggalkan sesuatu untuk masa depan. Sejarah dan pengetahuan sebagian besar berasal dari tulisan. Dengan menulisnya, para pelaku sejarah, saksi sejarah dan cendekiawan menggulirkan pondasi untuk kita pelajari dalam menjalani hari ini dan tugas kita melanjutkan menggulirkan pondasi untuk masa depan.

Hal penting lainnya, sebagai Muslim, ayat pertama yang turun adalah “BACALAH”, yang mana tidak akan dapat kita terapkan kalau tidak ada sesuatu yang tertulis untuk dibaca. Meskipun disadari bahwa “BACALAH” disini bukan hanya tulisan, tetapi seluruh yang ada dialam dan bukti-bukti kekeuasaan-NYA, dengan menulis, kita dapat membagi apa yang kita “BACA” tersebut ke orang lain. Ditambah juga dengan bonus bahwa ilmu yang bermanfaat, merupakan salah satu dari tiga amal yang pahalanya tidak akan terputus.

Jadi sekecil apapun yang kita tulis dan bagi, huruf-huruf itu akan menggulirkan perubahan, baik bagi kita sendiri dan orang lain. Bukankah kepakan kupu-kupu yang kecil itu saja dapat memberikan efek yang dahsyat bagi perubahan musim, lalu bagaimanakah dengan huruf-huruf yang kita susun. Ini bisa jadi menggagalkan alasan kita untuk tidak menulis, terlepas dari seberapa besar yang kita ketahui atau yang kita alami. Proses kreatif dalam menulislah yang akan dengan perlahan-lahan membantu kita untuk lebih baik dalam menggulirkan perubahan itu, pelan tapi pasti.
(iB)

0 komentar:

Posting Komentar