Sabtu, 02 Juni 2012

QC 7 Tools – 7 Perangkat Kendali Mutu

Pengendalian (control) merupakan kegiatan merencanakan, melakukan sesuai rencana dan memeriksa hasil yang telah dilakukan untuk mencapai tujuan, yang mana disini tujuannya adalah untuk mencapai kualitas (quality) yang telah ditetapkan. Kualitas dapat didefinisikan sebagai berikut:

- Sesuai fungsinya (J.M Juran)
- Sesuai permintaan pelanggan (P.B Crosby)
- Memenuhi harapan pelanggan (A.V Feigenbaum)
- Kepuasan pelanggan (K Ishikawa)

Pengendalian kualitas (quality control) merupakan kegiatan berdasarkan fakta-fakta yang objektif. Serta merupakan tindakan terpadu yang didapat dari hasil pengambilan data yang memperlihatkan fakta dengan baik dan dapat dirumuskan. 7 perangkat mutu merupakan perangkat dasar yang efektif digunakan untuk merumuskan data tersebut.


7 Perangkat kendali mutu juga merupakan teknik dasar penggambaran (graphical) untuk identifikasi yang sangat membantu memecahkan masalah-masalah terkait kualitas. 7 perangkat kendalu mutu tersebut antara lain:

1. Lembar periksa (check sheet)
2. Diagram Pareto
3. Diagram sebab akibat atau tulang ikan (fishbone diagram)
4. Histogram
5. Stratifikasi
6. Diagram tebar (scatter diagram)
7. Diagram kendali (control chart) – termasuk juga grafik

Sebagaian besar perangkat diatas, mengolah data yang bersifat numerikal kecuali diagram sebab akibat. Untuk data yang tidak numerik, perangkat yang digunakan adalah 7 perangkat perencanaan dan manejem (7 Management and Planning Tools) atau terkadang disebut juga New QC 7 Tools.

0 komentar:

Posting Komentar