Kamis, 12 Juli 2012

30 Days Challenge; Mencoba Hal Baru Selama 30 Hari

Akhir-akhir, saya sering mengunjungi TED (www.ted.com) selain youtube tentunya sebagai sarana menambah wawasan dengan menonton standup comedy hehehe. TED merupakan lembaga non-profit yang berusaha menyebarkan ide dalam aspek Technology, Entertainment dan Design yang hadir dalam format konfrensi atau presentasi dari berbagai kalangan. Video yang ada dapat didownload dengan bebas dan mudah. Di TED, hal-hal yang dibahas sangat menarik, menyenangkan serta menambah wawasan baru, mulai dari comedy, pengembangan diri, hasil riset yang unik sampai hal-hal yang tak terpikirkan sebelumnya. Selain itu, kita bisa banyak belajar tentang bagaimana menjadi pembicara yang hebat. Dari itu, salah satu impian saya adalah menyaksikan TED Conference secara langsung, menjadi salah satu pembicaranya dan membuat program semacam itu, semoga.



Kembali lagi ke pokok bahasan, di TED, salah satu video yang ada adalah menampilkan Matt Cutts, seorang Engineer di Google. Hal yang ditampilkan Cutts adalah mengenai tantangan melakukan hal baru selama 30 hari yang inspirasinya didapatkan dari Morgan Spurlock seorang filmmaker yang salah satu karyanya adalah film documenter yang mendokumentasikan tengtang apa yang terjadi bila hanya makan dari menu Mc. Donalds selama sebulan penuh. Tantangan 30 hari yang ditampilan Cutts sebenarnya sangat sederhana, yaitu melakukan sesuatu yang baru (add) atau mengurangi sesuatu yang sudah kita lakukan selama ini (substract), kebiasan jelek tentunya seperti terlalu banyak mengkonsumsi gula.

Kita semua pasti punya sesuatu yang kita inginkan atau cita-citakan yang kadang hanya dirangkai dalam angan saja, menulis novel contohnya. Namun selama ini kita tidak pernah bergerak kearah sana, alih-alih melakukannya, kita hanya membayangkan saja rasanya jadi seorang novelis. Jadi dari pada 30 hari terbuang begitu saja, kenapa tidak kita tantang diri kita sendiri, melakukan hal kecil namun bermakna dan membuat gairah hidup kita lebih baik. Jadi mengapa tidak, kita bisa buat daftar kecil apa saja yang sangat ingin kita lakukan dan kita tantang diri kita untuk melakukannya selama 30 hari kedepan. Sebagai contoh menulis 500 kata perhari untuk merangkai novel, mengurangi makan gula, bersepeda ke kantor, belajar memainkan gitar, membuat karya tulis dan lain sebagainya.

Bagi saya sendiri, salah satu keinginan saya adalah menjadi penulis, pengajar dan membuat blog. Namun seperti biasanya, keinginan ini seperti ombak yang naik turun. Hal ini dikarenakan kita selalu membayangkan hal yang terlalu besar dan terburu-buru. Lalu, bagaimana bila dirubah menjadi suatu tantangan 30 hari yaitu menulis satu artikel setiap harinya selama sebulan penuh. Terasa mudah bukan, dan yang pasti bisa kita nikmati dan menyenangkan tentunya. Selain itu, dengan tantangan tersebut, saya jadi belajar hal baru atau memperdalam apa yang saya tahu untuk bahan tulisan saya setiap harinya. Hal lainnya adalah menjadi fasih berbahasa inggris, sehingga program tantangannya adalah membaca artikel dalam bahasa Inggris setiap harinya. Lalu saya juga ingin mencoba menjadi photographer. Arbain Rambey sang photographer pernah bilang, komponen utama dalam memfoto adalah bukan peralatan canggih, namun apapun kamera yang anda punya. Untuk itu saya akan mengambil satu photo setiap hari menggunakan HP, apapun itu subjectnya.

Akhir kata, dengan tantangan ini, kita juga akan menanamkan kebiasaan baru yang akan sangat berguna bagi kehidupan kita kedepan. Studi psikologis membuktikan, bahwa membutuhkan waktu selama 21 hari agar hal baru yang kita lakukan dengan konsisten, menjadi kebiasan baru kita. Sehingga impian-impian besar kita akan terwujud dengan melakukan tindakan-tidakan baru yang kecil namun terus membesar setiap harinya. Jadi mengapa tidak segera saja lakukan, toh bagaimanapun juga 30 hari akan berlalu dari kehidupan kita, tapi akan terasa sangat memorable bila dalam 30 hari tersebut kita melakukan hal-hal yang selama ini ingin kita lakukan. Saya akan share hasilnya nanti, Carpe Diem. (iB)

2 komentar:

  1. Wing kalo hal baru dikerjakan selama 14 Hari apa sudah bisa dikatakan sebagai kebiasaan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. 2 weeks in 2 weeks off ya.
      21 hari adalah angka average, jadi ada yang kebih cepat dan yang lebih lama.
      Sehingga 14 hari jadi mungkin akan stick menjadi kebiasaan baru.

      Hapus