Sabtu, 02 Juni 2012

Kebun Sayur; Pusat Kerajinan dan Oleh-Oleh di Balikpapan


Apakah anda berencana  mengunjungi kota Balikpapan di Kalimantan Timur? Bila iya, maka kunjungan anda belumlah lengkap bila tidak menyertakan Pasar Kebun sayur dalam agenda kunjungan anda.  Karena kunjungan anda belumlah lengkap bila tidak membawa pulang cindera mata dari kota minyak berupa macam-macam kerajinan dari batu-batu permata, batik motif ampik, manik-manik, kerajinan khas suku daya seperti senjata Mandau serta oleh-oleh makanan khas Balikpapan seperti Kuku Macan dan lainnya.




Lokasi Pasar Kebun Sayur tidaklah jauh dari Pusat Kota Balikpapan, baik dari Bandara Udara maupun Pelabuhan Balikpapan. Dari Bandara Udara Internasional Sepinggan, kita bisa menuju Kebun Sayur melalui Taksi dengan hanya ongkos sebesar Rp. 65,000 (ring 2). Atau bila ingin sedikit berpetualang menembus kota Balikpapan menuju Kebun sayur, kita dapat menggunakan Angkutan Kota (AngKot) dengan biaya Rp. 3,000 per rutenya. Dari Bandara kita dapat Menaiki Angkot no 7 berwarna hijau (indentitas angkot di Balikpapan menggunakan nomer) yang ada didepan Bandara menuju Terminal Balikpapan Permai kira-kira 15 menit perjalanan. Lalu kita lanjutkan dengan Angkot nomer 6 berwarna biru atau nomer 5 yang berwarna kuning. Penulis sarankan untuk menggunakan Angkot nomer 6 saja karena pemandangannya lebih beragam dengan waktu tempuh 20 sampai 30 menit.

Selepas dari Terminal Balikpapan Permai, kita akan melewati pusat kota Balikpapan yang bersih, aman dan nyaman. Ada tiga (3) pusat perbelanjaan besar di Kota Balikpapan yang akan kita lewati sepanjang perjalanan. Pertama antara Bandara dan Terminal Balikpapan kita akan melewati Balikpapan Super Block atau E-Walk, setelah itu kita akan melewati Balcony City dan Balikpapan Plaza. Deretan Hotel berbintang juga nampaksepanjang perjalanan. Memang, sebagai lokasi kantor beberapa perusahaan minyak dan tambang, pembangunan kota Balikpapan demikian pesatnya.




Perjalanan kita akan disuguhi jalan mulus, bersih dan lenggang yang menyenangkan. Kita akan juga melewati taman kota Bekapai serta Lapangan Merdeka. Serta kita akan melewati deretan Perumahan Dinas yang lapang dan hijau halamannya. Beberapa dinding dan bahan utamanya masih menggunakan kayu, disertai halaman yang luas dan hijau.




Selanjutnya,kita akan melewati pesisir pantai, lalu Pelabuhan Kota Balikpapan. Tempat ini cukup ramai dipagi dan sore hari, saat beberapa karyawan perusahaan minyak berangkat menuju tempat pengeboran minyak di laut lepas. Pelabuhan Balikpapan akan menjadi sangat ramai saat kapal bersandar dan dipenuhi oleh para penjemput atau angkutan Kota. Namun tetap tertib dan lancar. Setelah itu kita akan melewati kilang minyak Pertamina, perusahaan Minyak negara yang kita banggakan disertai dengan rindangnya hutan di kiri dan kanan jalan. Sepanjang jalan ini merupakan tempat favorit untuk berolah raga baik bersepeda maupun jogging. Disore hari terdapat area yang dipenuhi pengunjung keluarga untuk melihat sekawanan monyet melalui pagar berkawat disisi jalan.





Sebagai pusat kerajinan dan oleh-oleh di Balikpapan, Kebun Sayur cukup lengkap. Para pecinta batu-batu mulia mulai dari permata, Akik, Safir dan lainnya pasti akan puas dibuatnya. Bermacam batu mulai dijual disini,mulai dari yang masih mentah, batu mulia yang dijual terpisah,sampai yang sudah jadi perhiasanseperti cincin, gelang, kalung dan bros. Harga jualnya mulai dari beberapapuluh ribu samapi jutaan rupiah. Terdapat juga berbagai kerajinan khas yang ada di Balikpapan tersaji disana. Tak lupa, berbagai barang yang dijual disini juga dapat ditawar serta para pedagangnya yang ramah, membuat belanja anda untuk oleh-oleh keluarga dan sahabat dirumah akan menyenangkan.











0 komentar:

Poskan Komentar